“Bakar Uang” Dianggap Biang Kerok PHK di Startup, Begini Kata Futurolog
IDXChannel

“Bakar Uang” Dianggap Biang Kerok PHK di Startup, Begini Kata Futurolog

  • Admin Pijar
  • 8 June 2022
  • Exposure

Futurolog beri pemaparan terkait bakar uang yang dianggap biang kerok PHK di sejumlah startup.

IDXChannel – Istilah bakar uang sedang hangat dibicarakan dan dianggap jadi biang kerok kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh beberapa startup

Futurolog sekaligus Direktur Eksekutif Pijar Foundation, Ferro Ferizka Aryananda mengatakan fenomena ini sebenarnya lumrah terjadi di dunia startup, namun perusahaan harus mengembalikan uang yang dikeluarkan menjadi sebuah pendapatan.

“Sebenarnya praktik “membakar uang” ini adalah praktik yang umum, karena ditahap awal memang namanya startup punya produk yang belum di kenal dan kita harus keluar investasi untuk promosi, marketing untuk memastikan ada orang-orang yang tahu, tertarik dan mau pakai,” jelasnya kepada MNC Portal Indonesia, Senin (6/6/2022).

Ferro melanjutkan, semua investasi yang dikeluarkan harus kembali dan berujung pendapatan untuk perusahaan. Menurutnya bagaimanapun fundamental dari bisnis adalah pendapatan harus lebih tinggi dibandingkan pengeluaran.

“Masalahnya banyak sekali startup yang hanya fokus pada membakar uang tapi dia tidak memiliki cara bagaimana ia akan mendapatkan uang itu kembali. Nah itulah yang kita lihat yang mati-matian kemudian yang sedang mengalami masalah  saat ini yang sering diberitakan,” ungkap Ferro.

Ferro mengungkapkan, ada empat hal yang bisa di ambil sebagai sebuah pembelajaran dan empat hal ini merupakan faktor yang menyebabkan sebuah startup mengalami kegagalan.

1. Tidak ada kebutuhan pasar. “Jadi dia membuat sesuatu yang menurut dia keren tapi sebetulnya masyarakat tidak membutuhkannya,” ujarnya.

2. kalah dalam persaingan. “karena secara produk kalah, baik itu fitur, keunggulan, atau mungkin tidak ada pembedanya diantara dia dengan produk kompetitor yang lain” ucapnya.

3. Tidak memiliki rencana bagaimana memperoleh pendapatan.   

“Dia tidak punya rencana bagaimana dia akan memperoleh revenue.  Sehingga ujung-ujungnya gagal mengelola franchise flow,” tuturnya.

4. Memiliki tim yang lemah, konflik antar pemimpin, pemimpin yang tidak solid, memiliki konflik internal dan seterusnya.

“Jadi ini adalah empat faktor yang menyebabkan startup ini gagal menurut Harvard bussines preview. Maka startup yang masuk atau punya empat indikator ini siap-siap saja menyusul,” tegasnya.

(IND) 

Related News
Pijar Foundation and EdHeroes Network Strategic Agreement: Global Future Talent Alliance and EdHeroes Hub
Pijar Foundation and EdHeroes Network Strategic Agreement: Global Future Talent Alliance and EdHeroes Hub
JAKARTA, Indonesia, June 28, 2022 A global educational initiative EdHeroes just announced the launching of its Indonesian hub. The corresponding "Memorandum of Cooperation" was ceremoniously signed during a private event for innovators and experts in education, on June 17th 2022 in the Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. The main partner in Indonesia is Pijar Foundation, […]
Peran Teknologi dalam Peningkatan Ketahanan Pangan
Peran Teknologi dalam Peningkatan Ketahanan Pangan
Menurut Lesley Goh, Penasihat Teknologi Senior di Bank Dunia, agrikultur atau pertanian adalah sektor yang masih kurang terdigitalisasi di Indonesia. Ada banyak peluang pembangunan dan produktivitas yang bisa dicapai melalui adopsi teknologi pada sektor ini. Penggunaan teknologi bisa mendorong pembangunan model bisnis baru yang dapat membantu meningkatkan hasil pertanian, efisiensi, pendapatan, dan profitabilitas. Contohnya, melalui […]
Kampus Merdeka” Program XLFL Selected to Fill Leadership Lecture at FISIPOL UGM
Kampus Merdeka” Program XLFL Selected to Fill Leadership Lecture at FISIPOL UGM
National Student Talent Development Jakarta, September 6th  2021. In order to implement the “Kampus Merdeka” Program, the Faculty of Social and Political Sciences, Gadjah Mada University (FISIPOL UGM), chose XL Axiata Future Leaders (XLFL) as one of the parties presenting the course of Future Leader and Organization. The course is part of the Social Entrepreneurship (KS) program and the Future Skills course package […]
Jakarta Office:
Jalan Taman Patra III No. 2 Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Yogyakarta Office:
Jl. Dewi Sartika No. 9, Terban, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta 555223
hello@pijarfoundation.org

SOCIAL MEDIA

Let’s be Pijarian, Let’s be heroes for Indonesia’s sustainable & equal future!

Facebook
Instagram

SUBSCRIPTION

Stay connected to the future through Pijar. Let's collaborate, let's be Pijarian!