Yuk, ‘Curi’ Ilmu Kreatif dan Bisnis dari Urbanasia di Future Skill UGM
URBANASIA

Yuk, ‘Curi’ Ilmu Kreatif dan Bisnis dari Urbanasia di Future Skill UGM

  • Admin Pijar Foundation
  • 8 February 2022
  • Exposure

National Student Talent Development

Jakarta — Future Skill Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (FSF UGM) menggelar acara pembukaan angkatan ke empat pada Sabtu, 21 Agustus 2021. Program kuliah kewirausahaan online ini dimulai oleh sambutan dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Antusias masyarakat sama acara ini ternyata tinggi juga loh, guys. Soalnya menurut Pak Pratikno, ada sekitar 11.000-an peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Keren!

Mereka bakal dibekali ilmu-ilmu yang bermanfaat di empat mata kuliah, yakni kewirausahaan sosial, future leader and organisation, green planner and future living, serta society and creative industry. Materi-materi kuliah itu bakal diisi oleh 44 mitra FSF UGM dari brand bisnis-bisnis terkenal.

Urbanasia jadi salah satu yang digandeng FISIPOL UGM untuk mengisi kelas FSF. President Director dan founder Urbanasia, Iqbal Prasetya, bakal mengisi kuliah ‘The Role of Leadership in the 21st Century’.

Di acara pembukaan, Iqbal ngasih bocoran tentang ilmu-ilmu bisnis berkelanjutan yang akan diberikan ke peserta. Antara lain dengan membangun ekosistem atau end-to-end business dan diversifikasi alias usaha-usaha lain yang masih berhubungan dengan bisnis utama. Keduanya bisa memberikan reaksi saling menguntungkan.

Iqbal juga bilang supaya bisnis bisa berkelanjutan, dibutuhkan sifat mudah beradaptasi dan selalu berinovasi dengan mengenali user, customer atau pelanggan. Dan poin yang terakhir adalah good corporate governance sebagai tata kelola usaha yang baik. 

Satu lagi mata kuliah dari Urbanasia adalah ‘Build Creative Mindset for Future Work” oleh Ken Yunita, Editor in Chief Urbanasia. Topik perbedaan media konvensional dengan homeless media alias media tanpa rumah jadi fokus materi yang diberikan Ken.

Apa sih homeless media? Itu loh guys, media yang kontennya menggunakan banyak platform media sosial kayak Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan TikTok.

Seru-seru kan, tema mata kuliah FSF UGM ini? Masih banyak lagi pengajar-pengajar top berpengalaman yang akan bagi-bagi ilmu praktis selama satu semester. Penting banget untuk kita miliki sebagai bekal usaha dan kerja di masa industri 4.0 yang makin canggih. 

Acara pembukaan FSF UGM makin rame di sesi ComEdu Talks yang menghadirkan trio kocak Budi Adiputro, Pandji Pragiwaksono dan Faldo Maldini. Mereka bertiga bercanda menghibur penonton sambil ngobrol santai soal sekolah, kuliah dan karir.

Related News
Program Akselerator “Lestari” Incar Startup Potensial Bermitra dengan Korporasi
Program Akselerator “Lestari” Incar Startup Potensial Bermitra dengan Korporasi
Yayasan Pijar Masa Depan (Pijar Foundation) mengumumkan kehadiran program akselerator "Lestari" untuk membidik startup potensial bekerja sama dengan korporasi dan perusahaan incumbent di level nasional maupun internasional. Program ini menargetkan startup dari vertikal digital infrastructure and tech, environmental and sustainable tech, future food, sustainable energy, fintech, dan lainnya untuk bergabung sebagai peserta. Dalam keterangan resmi, […]
Teknologi Robot Jadi Ancaman Naiknya Angka Pengangguran? Ini Penjelasannya
Teknologi Robot Jadi Ancaman Naiknya Angka Pengangguran? Ini Penjelasannya
Berkembangnya teknologi membuat banyak pekerjaan manusia yang digantikan teknologi Robot. Menurut Praktisi masa depan atau Futurolog, Ferro Ferizka teknologi akan menghasilkan perubahan yang fundamental di kehidupan terutama dalam bekerja. "Teknologi akan menawarkan efisiensi, dan harga yang harus kita bayar adalah banyak pekerjaan yang biasa-biasa saja atau berulang kemudian digantikan oleh teknologi," ungkapnya kepada MPI, Kamis […]
Peran Teknologi dalam Peningkatan Ketahanan Pangan
Peran Teknologi dalam Peningkatan Ketahanan Pangan
Menurut Lesley Goh, Penasihat Teknologi Senior di Bank Dunia, agrikultur atau pertanian adalah sektor yang masih kurang terdigitalisasi di Indonesia. Ada banyak peluang pembangunan dan produktivitas yang bisa dicapai melalui adopsi teknologi pada sektor ini. Penggunaan teknologi bisa mendorong pembangunan model bisnis baru yang dapat membantu meningkatkan hasil pertanian, efisiensi, pendapatan, dan profitabilitas. Contohnya, melalui […]
Jakarta Office:
Jalan Taman Patra III No. 2 Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Yogyakarta Office:
Jl. Dewi Sartika No. 9, Terban, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta 555223
hello@pijarfoundation.org

SOCIAL MEDIA

Let’s be Pijarian, Let’s be heroes for Indonesia’s sustainable & equal future!

Facebook
Instagram

SUBSCRIPTION

Stay connected to the future through Pijar. Let's collaborate, let's be Pijarian!