Futurolog Prediksi Investasi di Startup Masih Diminati di Masa Depan
IDXChannel

Futurolog Prediksi Investasi di Startup Masih Diminati di Masa Depan

  • Admin Pijar Foundation
  • 8 June 2022
  • Exposure

Futurolog, Ferro Ferizka memprediksi investasi di industri startup masih seksi diminati konsumen dalam lima hingga 10 tahun ke depan.

IDXChannel— Praktisi masa depan atau Futurolog, Ferro Ferizka memprediksi investasi di industri startup masih seksi diminati konsumen dalam lima hingga 10 tahun ke depan.

Menurutnya Industri start up dipandang sebagai industri yang tak pernah mati sebab segmentasinya akan meluas pada berbagai bidang kebutuhan manusia.

“Startup sebagai teknologi digital adalah sebuah keniscayaan dan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Selama kebutuhan manusia yang beraneka, maka startup akan selalu dibutuhkan karena sifatnya yang memudahkan,” ujar Direktur Pijar Foundation ini, kepada MNC Portal di Jakarta.

Menurut dia, menjamurnya startup teknologi dengan berbagai segmentasi bisnis tidak bisa dipandang sebatas teknologi belaka. Akan tetapi harus jeli melihat bisnis. Alasannya, sebagus apapun teknologi startup jika tak dikelola baik, sebagai investasi penghasil duit, ujung-ujungnya akan mati.

“Pandemi Covid-19 adalah momentum yang baik. Tapi ujiannya ketika pandemi Covid ini selesai, maka industri start up mengalami fase berikutnya. Artinya start up yang sesuai kebutuhan pasar lah yang bertahan. Pada fase ini ada penyesuaian dan sekarang ini, ketika pelonggaran pandemi terjadi di sinilah pembuktiannya,” ungkapnya.

Hal lain yang mendasari prediksi bahwa startup masih akan bergairah, menurut Ferro, berdasarkan sifat industri ini yang bisa menyesuaikan atau beradaptasi. 

“Prediksi saya, startup akan back to basic mengedepankan tiga hal, yakni user atau penggunanya, traction atau ketergantungannya dan transaksi tentu saja,” ujarnya.

Ferro menambahkan, fundamental dari pengelolaan sebuah bisnis ada pada pendapatan atau keuntungan dibanding pengeluaran.  

“Permasalahan yang muncul adalah banyak perusahaan atau industri startup lupa fundamental yang paling dasar ini, dimana kebanyakan pengeluarannya jauh lebih tinggi dari pada pendapatannya. Kalau ini berlangsung terus menerus ini akan menggerogoti modal dasar dari perusahaan yang nota bene industri ini adalah industri baru dan masih akan terus berkembang,” pungkasnya.

(IND) 

Related News
PLN Gandeng Anak Muda Dukung Inovasi Energi Bersih Masa Depan
PLN Gandeng Anak Muda Dukung Inovasi Energi Bersih Masa Depan
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) terus mendorong generasi muda berinovasi dan menciptakan solusi energi masa depan Indonesia. Langkah paling baru, PLN berkolaborasi dengan Lestari, Pares, Pijar Foundation, serta didukung oleh pemerintah meluncurkan program PLN Elevation: Watts Up! Melalui program PLN Elevation, PLN akan memilih 10 startup terbaik untuk ikut serta dalam inkubasi bisnis. Selanjutnya […]
Transit Oriented Development Jadi Tawaran Pembangunan Berkelanjutan di Perkotaan untuk Masa Mendatang
Transit Oriented Development Jadi Tawaran Pembangunan Berkelanjutan di Perkotaan untuk Masa Mendatang
Hadirnya kendaraan umum sejak dulu menjadi bagian penting dari berkembangnya kota-kota modern. Angkutan massal seperti kereta api, bus kota, minibus pernah menjadi kendaraan primadona untuk mendukung mobilitas kita pada masanya. Namun, saat ini ada kesan kuat bahwa kepemilikan kendaraan pribadi dipermudah ketimbang mengakses kendaraan umum yang bersifat massal. Kemudahan akses kepemilikan kendaraan pribadi yang semakin […]
Pentingnya Transisi Ekonomi Sirkular untuk Indonesia
Pentingnya Transisi Ekonomi Sirkular untuk Indonesia
Transformasi menuju paradigma circular economy merupakan salah satu langkah strategis untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Circular economy atau ekonomi sirkular bukanlah konsep baru, tetapi telah mendapat banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena perubahan iklim, pengelolaan limbah yang belum maksimal, dan kelangkaan sumber daya yang semakin mendesak. Ekonomi sirkular tidak hanya mengedepankan pembangunan […]
Jakarta Office:
Jalan Taman Patra III No. 2 Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Yogyakarta Office:
Jl. Dewi Sartika No. 9, Terban, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta 555223
hello@pijarfoundation.org

SOCIAL MEDIA

Let’s be Pijarian, Let’s be heroes for Indonesia’s sustainable & equal future!

Facebook
Instagram

SUBSCRIPTION

Stay connected to the future through Pijar. Let's collaborate, let's be Pijarian!