Teknologi Robot Jadi Ancaman Naiknya Angka Pengangguran? Ini Penjelasannya
IDX CHANNEL

Teknologi Robot Jadi Ancaman Naiknya Angka Pengangguran? Ini Penjelasannya

  • Admin Pijar Foundation
  • 26 October 2022
  • Exposure
Berkembangnya teknologi membuat banyak pekerjaan manusia yang digantikan teknologi Robot. Menurut Praktisi masa depan atau Futurolog, Ferro Ferizka teknologi akan menghasilkan perubahan yang fundamental di kehidupan terutama dalam bekerja. 

"Teknologi akan menawarkan efisiensi, dan harga yang harus kita bayar adalah banyak pekerjaan yang biasa-biasa saja atau berulang kemudian digantikan oleh teknologi," ungkapnya kepada MPI, Kamis (23/6/2022).

Oleh sebab itu kemampuan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan skill pekerja dalam hal ini dipertanyakan. Tentu agar pengangguran tidak meningkat Indonesia harus mampu untuk meningkatkan skill pekerja yang tadinya hanya mengerjakan pekerjaan rutin kemudian menjadi bisa mengoperasikan mesin dan teknologi.

"Harus ada namanya kolaboratif government, jadi pemerintah, swasta, komunitas, dunia pendidikan, dan masyarakat harus berusaha untuk meningkatkan SDM" jelasnya. 

Menurutnya ada beberapa kriteria pekerjaan yang kemungkinan besar akan digantikan oleh teknologi robot. Yang pertama adalah pekerjaan yang rutin dan berulang.

"Contohnya itu seperti kasir, kan pekerjaannya rutin setiap hari seperti itu, jadi sangat riskan untuk tergantikan" ucapnya. 

Kemudian pekerjaan selanjutnya adalah pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan kecepatan tinggi juga beresiko tergantikan. Hal ini karena manusia seringkali menbuat kesalahan.

"Manusia kan gudangnya salah ya, tidak sempurna. Sedangkan pekerjaan seperti membuat mobil menuntut untuk tidak boleh salah 1 mm pun dalam proses pemasangan komponennya" ungkapnya. 

Selanjutnya adalah pekerjaan yang tidak memerlukan skill kognitif seperti membuat rekap, laporan, dan surat. Kemungkinan besar pekerjaan ini akan tergantikan oleh mesin. 

"Jadi Indonesia harus menyiapkan tenaga kerja dan juga  talenta untuk menguasai teknologi terbaru dan juga skill-skill masa depan" tandasnya.

Source: https://www.idxchannel.com/amp/economics/teknologi-robot-jadi-ancaman-naiknya-angka-pengangguran-ini-penjelasannya
Related News
Dukung Inovasi Energi Bersih Masa Depan, PLN Rilis Program Start Up Elevation: Watts Up!
Dukung Inovasi Energi Bersih Masa Depan, PLN Rilis Program Start Up Elevation: Watts Up!
PT PLN (Persero) terus mendorong generasi muda berinovasi dan menciptakan solusi energi masa depan Indonesia. Berkolaborasi dengan Lestari, Pares, dan Pijar Foundation, serta didukung oleh pemerintah, PLN merilis program PLN Elevation: Watts Up!, Senin (12/9/2022). Melalui program PLN Elevation, PLN akan memilih 10 startup terbaik untuk ikut serta dalam inkubasi bisnis. Selanjutnya akan ada tiga […]
Futurolog Prediksi Investasi di Startup Masih Diminati di Masa Depan
Futurolog Prediksi Investasi di Startup Masih Diminati di Masa Depan
Futurolog, Ferro Ferizka memprediksi investasi di industri startup masih seksi diminati konsumen dalam lima hingga 10 tahun ke depan. IDXChannelā€” Praktisi masa depan atau Futurolog, Ferro Ferizka memprediksiĀ investasiĀ di industriĀ startupĀ masih seksi diminati konsumen dalam lima hingga 10 tahun ke depan. Menurutnya Industri start up dipandang sebagai industri yang tak pernah mati sebab segmentasinya akan meluas pada […]
LAN dan Pijar Foundation luncurkan ASN Berpijar
LAN dan Pijar Foundation luncurkan ASN Berpijar
Lembaga Administrasi Negara (LAN) bersama Pijar Foundation meluncurkan program ASN Berpijar untuk mengembangkan kompetensi dan kapasitas aparatur sipil negara (ASN) di era digital guna beradaptasi dengan perkembangan global. "Momen hari ini adalah momen yang penting, karena penandatangan nota kesepahaman ini menandai pergerakan perubahan birokrasi dengan terus meningkatkan kapasitas kompetensi ASN digarap dengan lebih serius, kreatif, […]
Jakarta Office:
Jalan Taman Patra III No. 2 Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Yogyakarta Office:
Jl. Dewi Sartika No. 9, Terban, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta 555223
hello@pijarfoundation.org

SOCIAL MEDIA

Letā€™s be Pijarian, Letā€™s be heroes for Indonesiaā€™s sustainable & equal future!

Facebook
Instagram

SUBSCRIPTION

Stay connected to the future through Pijar. Let's collaborate, let's be Pijarian!