Tesla Bangun Pabrik di Batang, Pelatihan SDM-nya di Solo Technopark
Detik Jateng

Tesla Bangun Pabrik di Batang, Pelatihan SDM-nya di Solo Technopark

  • Admin Pijar
  • 19 May 2022
  • Exposure

Solo – Perusahaan mobil listrik Tesla akan membangun pabrik di Batang, Jawa Tengah, tahun ini. Kota Solo pun mendapatkan tugas untuk melatih tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDM).

Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan telah bekerja sama dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam pembangunan SDM. Pelatihan akan dipusatkan di Solo Technopark (STP).

“Lapangan kerja yang ada di sana akan dipoles. Kami bekerja sama dengan Pak Wali Kota (Gibran) mengedepankan Solo Technopark. Ini yang akan kami kedepankan, kolaborasi, agar investasi berjalan baik dan pemerataan dilakukan,” kata Bahlil usai membuka acara Road to G20: Investment Forum di Hotel Alila, Solo, Rabu (18/5/2022).

Bahlil mengatakan kolaborasi dilakukan untuk memberi dampak yang lebih besar. Dalam hal ini, Batang dinilai memiliki wilayah yang luas, sementara Solo memiliki kualitas pelatihan SDM yang baik.

“Sebagian kami lakukan di Jateng. Multiplier effect-nya bagus. Yang mempunyai investasi pelatihan, Solo lebih bagus daripada Batang. Kita akui itu. Dengan kata lain SDM Solo diakui lebih dari rata-rata batang. Batang punya wilayah. Ini yang butuh kolaborasi,” ujarnya.

“Harapannya ini jadi kawasan industri terbaik. SMK-SMK dan kemudian Solo Technopark mitra yang paling terdepan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut baik rencana pemerintah. Dia pun mengaku siap membantu melaksanakan tugas melatih SDM melalui STP.

“Kami menyambut baik program Pak Menteri. Meskipun pabriknya bukan di Solo, tapi kami diberi pelatihan untuk SDM. Itu nanti semua akan dilakukan di Solo Technopark,” kata Gibran.

Sebelumnya, Menteri Bahlil menegaskan investasi dari Tesla mulai dilakukan tahun ini. Kerja sama akan dilakukan dalam dua bidang, yakni baterai dan mobil listrik.

“Dia akan masuk ke dua bagian industri besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil dan mobilnya. Insyaallah tahun ini,” ujar Bahlil di Solo.

Related News
Fisipol UGM Adakan Kuliah Kewirausahaan Daring
Fisipol UGM Adakan Kuliah Kewirausahaan Daring
National Student Talent Development REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM mengadakan kuliah perdana kewirausahaan sosial secara daring. Dimaksudkan untuk menginspirasi mahasiswa ikut memecahkan masalah sosial lewat pemanfaatan teknologi digital. Dekan Fisipol UGM, Prof Erwan Agus Purwanto berharap, melalui program kuliah kewirausahaan sosial ini mahasiswa akan semakin kreatif dan inovatif dalam melahirkan ide baru. […]
Manfaat Presidensi G20 bagi Indonesia dan Kawasan di Sekitarnya
Manfaat Presidensi G20 bagi Indonesia dan Kawasan di Sekitarnya
Penunjukan Indonesia sebagai Presidensi G20 untuk tahun 2022 membawa makna penting dalam kepemimpinan Indonesia di ranah global. Presidensi G20 adalah kesempatan yang datang sekali setiap 20 tahun dan juga bentuk pengakuan atas status Indonesia di mata dunia.  Indonesia menggunakan Presidensi G20 sebagai katalisator transformasi ekonomi dan kolaborasi antar sektor maupun antar negara untuk mencapai pemulihan […]
Pentingnya Memahami Sustainability bagi Perkembangan Dunia Saat Ini & Masa Mendatang
Pentingnya Memahami Sustainability bagi Perkembangan Dunia Saat Ini & Masa Mendatang
Sustainability merupakan sebuah konsep keberlanjutan yang dicetuskan sejak tahun 1980-an. Konsep sustainability ini dapat dimaknai sebagai proses sosio ekologis yang berlangsung secara dinamis dan terus menerus, sehingga menghasilkan sistem berkelanjutan yang berjalan dan bisa diterapkan secara jangka panjang. Untuk mencapai target jangka waktu tersebut, sustainability kemudian dirumuskan menjadi pembangunan berkelanjutan. Sejak 2015, terdapat kesepakatan agenda […]
Jakarta Office:
Jalan Taman Patra III No. 2 Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Yogyakarta Office:
Jl. Dewi Sartika No. 9, Terban, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta 555223
hello@pijarfoundation.org

SOCIAL MEDIA

Let’s be Pijarian, Let’s be heroes for Indonesia’s sustainable & equal future!

Facebook
Instagram

SUBSCRIPTION

Stay connected to the future through Pijar. Let's collaborate, let's be Pijarian!