Ciptakan Local Heroes, 16 Pengusaha Muda Ikuti Pelatihan Leadership & Womenpreneur Camp

Press Room
Mar 10, 2023

Sebanyak 16 pengusaha muda dengan berbagai latar belakang usaha di wilayah provinsi Jambi, Sumatera Selatan dan Riau mengikuti kegiatan “Leadership & Womenpreneur Camp”. Kegiatan yang difasilitasi oleh tim dari Xpert tersebut dilaksanakan di Balai Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat  PT. Wirakarya Sakti, Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Group dilakukan dengan menggandeng Pijar Foundation – EdHeroes Indonesia serta Eureka Xpert selaku fasilitator.  

Kegiatan ini dibuka secara virtual oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan yang berharap bisa muncul berbagai inisiatif terhadap produk lokal. “Saya mendukung penuh kegiatan ini dan berharap kegiatan ini kedepannya dapat menghasilkan inisiatif untuk produk lokal sehingga bisa dipasarkan di tingkat nasional dan global,” kata Zulkifli.

Selain Menteri perdagangan, Staf Ahli Menteri Koordinator PMK Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi, Femmy Eka Kartika Putri berharap agar kegiatan ini dapat mendorong pemberdayaan perempuan di sektor UMKM.

“Kelas praktikal ini untuk memberdayakan aspek kepemimpinan, kewirausahaan, kecakapan teknologi, dan literasi keuangan serta model bisnis. Inisiatif lokal untuk menciptakan pemimpin dari kader pemuda pemudi khususnya generasi muda yang bisa jadi pahlawan lokal,” ujar Femmy.

Berbagai Materi

Eureka Xpert selaku fasilitator memberikan materi seputar literasi teknologi, Manfaat dan perkembangan teknologi, inovasi teknologi startup berbasis aplikasi dalam berbagai bidang seperti pendidikan, perkebunan, transportasi, e-commerce, kesehatan, keuangan, logistik, dan UMKM.

Project Manager Eureka Xpert Elvita Sari yang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini mengatakan  bahwa dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi menjadi salah satu cara untuk mengembangkan usaha.

“Perkembangan teknologi dan informasi dari masa ke masa cukup signifikan, jadi apapun yang sedang teman-teman tekuni saat ini, teruslah berinovasi dan menambah wawasan. Jangan mau kalah dengan generasi baru yang terus-menerus tumbuh,” jelasnya.

Lebih lanjut Elvita mengajak peserta pelatihan untuk menjadi local heroes di daerah asal mereka masing-masing. “Banyak potensi-potensi daerah terutama di Jambi dan Riau yang justru menjadi PR besar bagi kita sebagai Local Heroes untuk mengembangkannya. Pahami setiap akar permasalahannya dan temukan solusi tepat sesuai kemampuan yang teman-teman punya,” ujarnya.

Elvita berharap ke depannya peserta yang hadir bisa menjadi perempuan pengusaha yang mandiri dan berani untuk mengembangkan usahanya, tidak peduli dari latar belakang dan profesi apapun sehingga pada akhirnya local heroes itu bisa terwujud.

Recent Posts