Pijar Foundation, Cari Solusi Ketersedian Pekerja Pertanian

Press Room
May 21, 2023

Memberikan solusi dan saran, terhadap ketahanan pangan dan ketersedian tenaga kerja di sektor pertanian khususnya di Kabupaten Temanggung. Pijar Foundation bekerjasama dengan  Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), melaksanakan kegiatan Diskusi dan Dialog Interaktif dengan tema “Potensi Ketahanan Pangan Lokal dan Regenerasi Tenaga Kerja Pertanian” dalam penyelenggaraan Townhall Muda Temanggung, di Pasar Papringan Temanggung, Jumat (19/5/2023).

Townhall Muda Temanggung turut dihadiri dan didukung oleh Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq, Kepala DKP3 Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto. Founder Rumah Mocaf Indonesia Riza Azyumarridha Azra, dan Koordinator CFP Organization for Industrial, Spiritual and Cultural Advancement (OISCA) Dwi Utami.

Muhammad Al Khadziq mengatakan wilayahnya merupakan daerah yang subur, berada di kaki Gunung Sindoro dan Sumbing. Sehingga sebagain warganya mengantungkan diri, di sektor pertanian. Untuk mensejahterakan petani di wilayahnya memerlukan, kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Kolaborasi multipihak diperlukan untuk mendorong adanya percepatan pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Temanggung. Tentunya pemerintah juga telah mendorong penciptaan inovasi tersebut sehingga pengembangan pertanian dapat berjalan optimal,” kata Muhammad Al Khadziq .

Sementara itu, Dwi Utami mengatakan Pemerintah dan komunitas perlu bekerjasama untuk membangun semangat anak muda di bidang pertanian sehingga mau terjun untuk bertani. Sebab generasi muda saat ini, lebih suka merantau ke kota besar dan engan meneruskan tani dari orang tuanya.

“Pembentukan kebijakan yang berorientasi pada ketahanan dan kedaulatan pangan, juga dinilai menjadi salah satu upaya kolaborasi yang krusial dalam menyelesaikan isu dalam sektor ketahanan pangan. Mengingat potensi besar yang dimiliki oleh sektor pertanian di Kabupaten Temanggung,” kata Dwi Utami.

Sedangkan Program Manager Pijar Foundation, Leody Sarmanella menyebut Pijar Foundation mendukung berbagai pihak untuk mengembangkan sektor pertanian serta mendorong upaya terbentuknya PCP (Public Community Partnership).

”Sebagai bentuk dukungan agar partisipasi pemerintah, masyarakat maupun pemuda-pemudi dalam membangun sektor pertanian di Kabupaten Temanggung, kian bersinergi secara kolektif, kolaboratif, dan inovatif,” kata Leody Sarmanella.

Hasil dari kegiatan Townhall Muda Temanggung ini terdapat forum komunikasi yang terdiri dari ASN Muda, komunitas lokal, santri, dan perwakilan Pijar Foundation bersama Kalandra Nusantara. Forum komunikasi ini diharapkan mampu menjadi jembatan komunikasi inisiasi multipihak yang telah dilakukan.

Perjalanan Townhall Muda akan berlanjut ke Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Juni 2023 dan di 20 kota atau kabupaten lainnya di Indonesia.

Recent Posts