Peran Teknologi dalam Peningkatan Ketahanan Pangan

Peran Teknologi dalam Peningkatan Ketahanan Pangan

  • Admin Pijar
  • 14 April 2022
  • Our Thought

Menurut Lesley Goh, Penasihat Teknologi Senior di Bank Dunia, agrikultur atau pertanian adalah sektor yang masih kurang terdigitalisasi di Indonesia. Ada banyak peluang pembangunan dan produktivitas yang bisa dicapai melalui adopsi teknologi pada sektor ini. Penggunaan teknologi bisa mendorong pembangunan model bisnis baru yang dapat membantu meningkatkan hasil pertanian, efisiensi, pendapatan, dan profitabilitas. Contohnya, melalui peningkatan akses internet, artificial intelligence, machine learning, cloud computing, Internet of Things, dan juga proses blockchain

Penerapan teknologi digital bermanfaat untuk menyebarkan informasi, utamanya teknologi kepada petani. Teknologi tersebut akan menjadi jembatan perantara petani dan pembeli, serta dapat memudahkan akses modal untuk menunjang produktivitas. Upaya ini mendukung terbentuknya manajemen rantai pasok yang rapi untuk mengoptimalisasi telusur produk demi keamanan pangan yang lebih terjamin dan terstandarisasi melalui sertifikasi. 

Untuk mengoperasionalkan dan memanfaatkan ekosistem pertanian digital sepenuhnya, sistem harus dikembangkan dengan mempertimbangkan infrastruktur digital dan keras (digital and hard infrastructure). Pertama, dibutuhkan infrastruktur digital yang memadai seperti data tanah, cuaca, juga jumlah petani aktif. Dalam skala makro, pemerintah harus mengumpulkan data tersebut sebagai dasar pengambilan kebijakan pertanian. Kedua, infrastruktur dan perangkat keras juga dibutuhkan untuk mendukung teknologi digital di bidang agrikultur, mulai dari drone, Geographic Information System (GIS), sensor tanah untuk deteksi masa panen yang dilengkapi software seperti data capture tools, field agent management tools, dan blockchain platforms.

Saat ini, Indonesia sedang sedang mengembangkan ekosistem AgriTech atau teknologi untuk agrikultur yang dinamis dalam lima model bisnis utama, yakni: memberi nasihat kepada para petani, pinjaman peer-to-peer, sistem pelacakan, pasar digital, dan peningkatan mekanisasi. Peningkatan investasi untuk modernisasi sistem pangan akan membuat sektor ini menjadi lebih efisien, dan adalah salah satu kunci untuk meningkatkan produksi pangan negara. 

Selain peningkatan produktivitas, inovasi teknologi juga dapat meningkatkan partisipasi generasi muda di sektor pertanian yang sekarang masih minim. Salah satu penyebabnya adalah pendapatan dari pertanian konvensional yang sering dihasilkan secara periodik (mengikuti masa panen dan tanam). Beberapa pendekatan yang bisa dilakukan adalah dengan penyediaan akses dan pelatihan untuk meningkatkan penggunaan teknologi digital. Selain itu, pemerintah bisa kerjasama dengan sektor privat untuk membangun pilot project pertanian dengan model greenhouse yang dapat menyediakan perolehan perhari, atau daily income.

Meski sudah ada beberapa perusahaan AgriTech di Indonesia, agar dapat berkembang lebih pesat, dibutuhkan aksi dari semua pihak. Mulai dari konsumen sampai produsen, dan juga pemerintah. Pemerintah utamanya dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan yang tangguh dan sesuai dengan visi pembangunan berkelanjutan. Hal ini memerlukan investasi dalam skala besar. Investasi yang dimaksud baik infrastruktur maupun teknologi dapat dimulai dengan mewujudkan iklim ekonomi yang kondusif melalui dukungan regulasi yang sesuai visi.

Dengan adanya regulasi yang mendukung dan peningkatan investasi di bidang infrastruktur, transformasi digital dalam sektor agrikultur dapat menjadi kunci untuk mengatasi ketahanan pangan, pengurangan pemborosan makanan, pertanian berkelanjutan, dan krisis iklim.

Author: Isti’anatul Muflihah 

Editor: Indira Zahra-Aridati

Jakarta Office:
Jalan Taman Patra III No. 2 Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Yogyakarta Office:
Jl. Dewi Sartika No. 9, Terban, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta 555223
hello@pijarfoundation.org

SOCIAL MEDIA

Let’s be Pijarian, Let’s be heroes for Indonesia’s sustainable & equal future!

Facebook
Instagram

SUBSCRIPTION

Stay connected to the future through Pijar. Let's collaborate, let's be Pijarian!